Guna mengurangi resiko dan mengatisipasi bencana , Pemerintah Kota Yogyakarta membentuk sebuah lembaga yang disebut tagana. Tagana yang merupakan singkatan dari tarun siaga bencana. Tagana memberikan fasilitas berupa poster bencana, plakat jalur evakuasi . Tagana juga memberikan pelatihan penanggulan dan pengurangan resiko bencana . Bencana yang dapat dikurangi adalah banjir , tanah longsor , elas masing masing dan kebakaran .
           SD Muh Wirobrajan 3 YK mengadakan progam yang diampu oleh Tagana yang dibantu oleh Dinas Sosial dan Polisi Sektor Wirobrajan . Pada hari Rabu tanggal 29 Maret 2017 , progam ini yang bertempat di Masjid Muhajirin kompleks SD Muh Wirobrajan 3 YK .
           Acara ini dimulai pukul 07.00 WIB , Acara dibagi menjadi 2 sesi , untuk sesi yang pertama adalah kelas 1-3 , sesi kedua adalah kelas 4-6 . Acara tersebut di dampingi oleh wali kelas masing masing . Para murid ditayangkan vidio bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami .
           Para murid juga ditayangkan materi tentang gempa bumi dan kemampuan tubuh . Sebelum acara ini dibubarkan , Tagana juga mengadakan simulasi bencana alam . Kegiatan ini dilakukan siswa kelas 1-6 .
           Sebelum kegiatan ini dilaksanakan , anak anak dibubarkan dan masuk kelas terlebih dahulu  Saat didalam kelas siswa diperintahkan membawa tas dan diberi aba-aba untuk berlindung dibawah meja. Setelah simulasi dimulai para siswa keluar  kelas dan membawa tas untuk melindungi kepala. Saat semua siswa sudah berkumpul dihalaman SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Para siswa pun diperintahkan untuk tenang dan berbaris rapi.
        Setelah itu kelas 1dan 2 dipulangkan kekelas masing masing. dan kelas 3,4,5 dan 6 mengulang kembali tentang materi gempa bumi dan tsunami, lalu kelas 3-6 segera dipulangkan kekelas masing masing dan mulai pelajaran. Semoga acara ini bermanfaat bagi seluruh warga sekolah
[NF,NIJ,HMS,RRN]              
TiM Jsw

Wibraga

Adalah sekolah sehat nasional yang berbudaya lingkungan dan berbudaya lingkungan. Berada di Jalan Gatutkaca 19a Wirobrajan Yogyakarta 55252. WEB site : www.sdmuhwirobrajan3.sch.id

Kirim komentar:

0 comments:

Silahkan berikan komentar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tanpa menggunakan kata-kata kotor, jorok dan yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Jika ada saran dan masukan yang dikhususkan kepada seseorang mohon dikirim melalui email sdmuhwibraga@gmail.com. Terima kasih atas komentar yang diberikan.