Dinas Kebudayaan memiliki program WKM(Wajib Kunjung Museum). Kegiatan WKM ini wajib dilaksanakan bagi siswa SD. Dinas Kebudayaan pun memberikan fasilitas berupa bus WKM. Sudah sangat banyak sekolah yang memanfaatkan kesempatan ini, salah satunya SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 yang juga memakai kesempatan ini.
Pada hari jum'at, 10 Februari 2017, tujuan berkunjung ke MGM (Museum Gunung Merapi) dan MJK (Museum Jogja Kembali). Para siswa kelas 5 dan 6 dikumpulkan ke lapangan sekolah dan kemudian berdoa dan dilanjutkan ke sesi pembagian bus.
    Semua busnya berangkat pada pukul 08.35, Kunjungan pertamanya adalah Museum Gunung Merapi. Para siswa sampai pada pukul 09.30, seorang pemandu segera memandu para peserta yang telah tiba disana. Para siswa diajak menuju teater yang ada didalam museum, disana kami diajak menonton film rangkaian gunung merapi yang meletus, kami selesai menonton film pukul 10.00. Setelah itu kami dia ajak pemandu untuk melihat replika gunung merapi, replika tsunami, foto-foto gunung merapi yang meletus, bongkahan-bongkahan lava yang mengeras dan masih banyak lagi. Kami pun selesai melihat seluruh isi museum itu.

 



   Tujuan kedua adalah Museum Jogja Kembali disana kami sampai pada pukul 11.50. karena sudah waktunya sholat jum'at, para siswa putra pun segera mengambil air wudhu dan segera menuju masjid. Sedangkan untuk siswa putri segera makan siang dan segera sholat dhuhur berjama'ah secara bergantian. Setelah para siswa putra selesai sholat jum'at, segera makan siang. Setelah semua kegiatan istirahat selesai pada pukul 13.00. Para siswa pun diajak menuju museum,kami segera menuju ke teater untuk menonton film perjuangan para pahlawan indonesia. Setelah film selesai para siswa diajak oleh pemandu untuk menuju museum benda sejarah seperti baju pahlawan, senjata, bendera dan masih banyak lagi. Lalu kami diajak menuju lantai 2 dan menuju ruangan diorama replika para pahlawan. Di lantai 3 terdapat ruang doa untuk para pahlawan, siswa pun kembali ke sekolah pada pukul 14.30. Semoga kegiatan ini menambah wawasan dan dapat menjadi sebuah pengalaman yang berguna.
(nf)


Wibraga

Adalah sekolah sehat nasional yang berbudaya lingkungan dan berbudaya lingkungan. Berada di Jalan Gatutkaca 19a Wirobrajan Yogyakarta 55252. WEB site : www.sdmuhwirobrajan3.sch.id

Kirim komentar:

0 comments:

Silahkan berikan komentar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tanpa menggunakan kata-kata kotor, jorok dan yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Jika ada saran dan masukan yang dikhususkan kepada seseorang mohon dikirim melalui email sdmuhwibraga@gmail.com. Terima kasih atas komentar yang diberikan.