Kemah. Ya, kemah. Itulah salah satu agenda kegiatan yang hampir seluruh siswa menantikannya. Kemah merupakan kegiatan yang melelahkan akan tetapi diinginkan oleh hampir seluruh siswa. Dibalik kelelahan dalam kegiatan kemah, pasti tersimpan berbagai kenangan dan cerita yang indah. Tak ayal, anak yang baru sakit atau baru saja sembuh dari sakit, tetap memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan kemah.

Tak beda dengan siswa kelas 4 SD Muh. Wirobrajan 3. Pada saat diumumkan akan dilaksanakan kemah, sontak seluruh siswa teriak kegirangan. "Yeeaaayyy......". Suara gemuruh anak-anak yang terdengar di seluruh kelas 4. Kegembiraan anak-anak semakin bertambah saat disampaikan bahwa kemah kali ini adalah Kemah Ceria.

Kemah Ceria berbeda dengan kemah-kemah sebelumnya. Jika dalam kemah sebelumnya, yang diikuti oleh siswa kelas atas (kelas 5-6), seluruh siswa sudah diajarkan untuk berlatih mandiri. Sehingga mulai dari proses pendirian tenda, persiapan makan, sampai pembongkaran tenda anak-anak dilatih untuk mampu melaksanakan sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Dalam perkemahan ceria ini, anak-anak tidak menggunakan tenda sebagai tempat berteduh maupun istirahatnya, melainkan menggunakan gazebo-gazebo yang telah disiapkan sebelumnya.

Kemah ceria kelas 4 dilaksanakan pada tanggal 17-18 Maret 2017. Untuk memberikan kesan lain pada anak-anak, tempat kemah dilaksanakan di tempat yang lumayan sejuk. Tempat tersebut adalah di Kangen Resto, Jalan Raya Palagan-Pakem Km 3. Suasana tempat yang sangat nyaman membuat orang tua siswa tidak merasa kawatir sama sekali.

Kegiatan bermula dari jalan wates, dimana truk-truk dan bus Polisi telah menunggu para siswa. Dengan dibantu Bapak Ibu Guru dan Kakak Pelatih, seluruh siswa naik ke kendaraan dengan membawa barang masing-masing. Siswa yang berjumlah 121 anak diangkut menggunakan 2 truk dan 2 bus polisi. Untuk menjaga keamanan setiap kendaraan, maka setiap kendaraan didampingi oleh minimal 1 guru atau kakak pelatih. Seluruh siswa diberangkatkan sekitar pukul 07.30 WIB.

Selama perkemahan berlangsung, banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan yang bertujuan untuk memberikan keceriaan terhadap peserta. Tidak lupa, unsur pendidikan pun juga dimasukkan, demi memujudkan kegiatan yang yang bernilai kepada peserta.Diantara kegiatan yang dilaksanakan adalah: Sholat berjamaah, outbound, sholat malam, api unggun dan pentas seni, dan penjelajahan alam sekitar.

Berikut kami sampaikan dokumentasi kegiatan selama kemah ceria 2017:



Kendaraan mulai bergerak untuk menuju tempat kegiatan

Gazebo tempat berteduh anak-anak




Upacara pembukaan, dilanjutkan sesi foto per kelompok























Eksplorasi alam sekitar, dilanjutkan diskusi kelompok



















Istirahat sembari mencoba alat outbound




Sholat jumat bersama masyarakat

 Makan siang


Outbound









Sholat ashar, dilanjutkan istirahat dan persiapan pentas seni

















Ketika hujan turun di sore hari 





Sholat maghrib, tadarus dan cek hafalan anak, sholat isya dan makan malam















Api unggun dan pentas seni



















Sholat tahajud





Olahraga pagi dan jalan-jalan
















Makan pagi
















Hasta karya, hidroponik







Flying Fox dan persiapan pulang









Upacara penutupan dan pembagian hadiah









Dokumentasi video


Untuk dokumentasi video juga ada di playlist youtube.com di alamat https://www.youtube.com/playlist?list=PLrLUXmBKJSlxL0FygkNFLXUTIgTZ-iHwK

Semoga, dengan adanya kemah ceria kali ini, semakin menambah kecintaan anak-anak kepada alam dan menumbuhkan rasa kepanduan yang tinggi untuk mencitai tanah air Indonesia. Jaya terus SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta.

Wibraga

Adalah sekolah sehat nasional yang berbudaya lingkungan dan berbudaya lingkungan. Berada di Jalan Gatutkaca 19a Wirobrajan Yogyakarta 55252. WEB site : www.sdmuhwirobrajan3.sch.id

Kirim komentar:

0 comments:

Silahkan berikan komentar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tanpa menggunakan kata-kata kotor, jorok dan yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Jika ada saran dan masukan yang dikhususkan kepada seseorang mohon dikirim melalui email sdmuhwibraga@gmail.com. Terima kasih atas komentar yang diberikan.